Kamis, 14 Januari 2016

Makalah Perencanaan Pemasaran



“PERENCANAAN PEMASARAN”
http://farm6.staticflickr.com/5211/5478997880_af1cbfe60c_z.jpg
Dosen Pembimbing:
Saifuddin Zuhri, S.E, M.M
Di Susun Oleh:
Ayu Firdayanti
Devi Melia Intan Sari
Fitri Nur Hidayati
Tika Fatjriyah
Tutut Wulan Sari
UNIVERSITAS ISLAM DARUL ‘ULUM LAMONGAN
(UNISDA)
FAKULTAS EKONOMI/MANAJEMEN A
Tahun 2015

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah swt yang telah senantiasa memberikan rahmat dan nikmat yang tiada terkira bagi kami. Sehingga dengan nikmat dan rahmatNya kami mampu untuk menyelesaikan makalah sebagai tugas kelompok dalam mata kuliah “Manajemen Pemasaran II” yang di ampuh oleh bapak Saifuddin Zuhri, S.E, M.M.
Terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak Saifuddin Zuhri, S.E, M.M. yang telah memberikan tugas tersebut sehingga kami menjadi semakin mengerti tentang mata kuliah “Manajemen Pemasaran II”. Khususnya pada materi ”Perencanaan Pemasaran”.
Selanjutnya, terima kasih kepada teman-teman dari kelompok lain yang telah berkenan mempelajari hasil dari tugas kami.
Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi semua orang umumnya.

                                                                                                Lamongan, 13 November 2015
                                                                                                                            Penulis










DAFTAR ISI





BAB I
PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG
Rencana merupakan garisan tentang kegiatan yang akan dilakukan di masa akan datang, rencana dirumuskan untuk menggambarkan apa yang ingin kita capai dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.
Banyak orang mengabaikan rencana dan selalu hanya dibuat dikepala atau mengawang-awang, padahal dalam proses manajemen rencana merupakan awal kegiatan yang mutlak ada agar kita dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen lainnya seperti dalam hal : fungsi pengorganisasian, fungsi staffing, fungsi pengarahan,  fungsi pengawasan.
Setiap aktifitas pemasaran sangat membutuhkan manajemen dengan baik dan sebagai salah satu fungsi dalam manajemen, peranan perencanaan sangat menentukan keberhasilan mekanisme kerja dalam setiap aktifitas pemasaran hasil produksi perusahaan. Dalam proses/ fungsi manajemen dikenal perencanaan, fungsi ini sangat penting sebagai langkah awal setiap pelaksanaan kegiatan.
Kita akan mengetahui hal-hal yang perlu dikerjakan jika sebelumnya telah direncanakan sebaik-baiknya, sebaliknya pekerjaan kita akan terhambat atau bahkan terbengkalai jika tidak dipersiapkan sebelumnya. Begitu pula halnya dengan pemasaran, perencanaan pemasaran adalah sebagai penentu penentu awal proses pemasaran yang kemudian akan berlanjut pada efektifitasnya pemasaran hasil produksi.
2.      RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian dan peranan perencanaan pemasaran?
2.      Apa saja macam-macam perencanaan pemasaran?
3.      Bagaimana proses perencanaan pemasaran?
3.      TUJUAN
1.      Untuk mengetahui pengertian dan peranan perencanaan pemasaran
2.      Untuk mengetahui macam-macam perencanaan pemasaran
3.      Untuk mengetahui proses perencanaan pemasaran


BAB II
PEMBAHASAN
1.       PENGERTIAN DAN PERANAN PERENCANAAN PEMASARAN
Kegiatan pemasaran yang dilakukan setiap perusahaan perlu dikoordinasikan dan diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan umumnya dan tujuan bdang pemasaran khususnya. Alat koordinasi  dan pengarahan kegiatan pemasaran tersebut adalah rencana pemasaran. Yang dimaksud dengan pemasaran dalam hal ini adalah kegiatan yang langsung berkaitan dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen dalam rangka memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat konsumen  melalui pertukaran.
Sedangkan rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu di masa yang akan datang. Perencanaan pemasaran merupakan kegiatan merumuskan usaha-usaha yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang diharapkan di bidang pemasaran.
Perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat memberikan manfaat bagi:
1.      Usaha untuk mendorong cara berpikir jauh ke depan.
2.      Usaha mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik.
3.      Usaha mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standar prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.
4.      Perumusan tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat dilakukan secara lebih mantap.
5.      Usaha untuk menggairahkan partisipasi dan mempertebal rasa tanggung jawab para pelaksana.
Dengan demikian dapat dikatakan, perencanaan pemasaran bertujuan memberikan pendekatan yang sistematik dan teratur bagi usaha:
a.       Menyeimbangkan dan menyelaraskan kegiatan pemasaran yang dapat menjamin tercapainya tujuan dan sasaran.
b.      Menggunakan cara-cara berusaha di bidang pemasaran secara intensif dan optimal.
c.       Menjamin keselarasan dan keserasian antara bagian yang terdapat dalam perusahaan dalam usaha pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan.
d.      Pengendalian yang cepat, tepat, dan teratur atas catatan, gagasan atau pemikiran dan usaha-usaha atau kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
2.      MACAM-MACAM PERENCANAAN PEMASARAN
Dalam suatu perusahaan terdapat beberapa macam perencanaan pemasaran, berupa:
1.      Perencanaan Pasar yang Strategis (Strategic Market Planning). Perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan (business planning), ke arah mana usaha akan dikembangkan. Untuk melakukan perencanaan pasar yang strategis perlu dikaji:
a.       Langganan (customers) yang akan dilayani
b.      Pesaing (competitiors) yang harus dihadapi.
c.       Trend lingkungan (environmental trends) yang ada, meliputi sosial ekonomi, politik, dan teknologi yang mempengaruhi pasar yang diramalkan.
d.      Ciri pasar yang ada untuk mengetahui perubahan yang terdapat dan interaksinya.
e.       Ciri perusahaan (internal company characteristions), bagi penilaian kemampuan sumber daya yang ada dalam perusahaan.
2.      Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate Marketing Planning). Perencanaan ini merupakan perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan program pokok di bidang pemasaran perusahaan, yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu.  Dalam melakukan perencanaan ini, dilaksanakan:
a.       Analisis sumber daya dan lingkungan perusahan serta strategi acuan produk (product mix strategics).
b.      Analisis situasi yang mencakup:
v  analisis pasar dan segmentasinya
v  analisis pasar, dan
v  analisis produktivitas dan rentabilitas.
c.       Penetapan strategi perusahaan dengan mempertimbangkan pasar dan produk, yang dapat berupa:
v  Strategi Penetapan Pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.
v  Strategi Pengembangan Produk, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang lama.
v  Strategi Pengembangan Pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.
v  Strategi Diversifikasi, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang baru.


3.      Perencanaan Pemasaran yang Strategis (Strategic Marketing Planning). Perencanaan ini berkaitan dengan usaha untuk memasarkan produk perusahaan. Perencanaan ini mencakup strategi pemasaran yang terpadu. Yang dimaksud dengan acuan pemasaran (marketing mix), yaitu strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi.
4.      Perencanaan Pemasaran yang Operasional (Operational Marketing Planning). Perencanaan ini meupakan perencanan kegiatan pelaksanaan kegiatan pelaksanaan di bidang pemasaran yang rinci atas daerah/wilayah niaga, produk, dan waktu yang lebih pendek. Dalam perencanaan ini akan dicakup:
a.       Rencana penjualan per daerah, per produk, per bulan.
b.      Rencana penyaluran atau distribusi.
c.       Rencana promosi per produksi, per daerah dan per bulan.
d.      Rencana pendidikan dan pengembangan tenaga penjulan
e.       Rencana penelitian dan pengembangan pasar.
f.       Rencana penelitan dan pengembangan pasar.
g.      Rencana kunjungan dan pembinaan langganan.
Untuk penyusunan rencana pemasaran yang oprasional perlu didahului dengan analisis atas:
1.      Kemampuan masing-masing unit pelaksanaan pemasaran.
2.      Target penjualan per unit pelaksana pemasaran.
3.      Situasi dan kondisi pasar dari unit plaksana pemasaran tersebut, dan
4.      Besarnya dana anggran yang disediakan untuk unit perlaksanaan pemasaran tersebut.
5.      Perencanaan Pemasaran Produk Baru (Planning Of Launching of New Product). Perencanaan ini merupakan perencanaan kegiatan pelaksanaan memasarkan produk baru. dalam perencanaan ini tercakup sasaran pasar yang dituju, kegiatan pengujian pasar (market test), meramalkan potensi pasar dan mmemperkirakan target penjualan, serta penetapan sumber daya yang dibutuhkan.
Didalam praktik, sering ditemui empat macam bentuk hasil kegiatan perencanaan pemasaran. Keempat bentuk tersebut adalah:
1.      Target Pemasaran, yaitu penetapan suatu ukuran tertentu sebagai sasaran yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Target pemasaran dapatberupa jumlah penjualan dalam unit atau rupiah, share pasar atau laba.
2.      Rencana Pemasaran, yaitu rumusan tentang apa yang ingim dicapai dan bagaimana cara mencapainya, yang terdiri dari kegiatan yang akan dilakukan untuk pencapaian tujuan di bidang pemasaran.
3.      Program Pemasaran, yaitu rumusan tentang rincian langkah kegiatan yang telah ditetapkan dalam rencana pemasaran dengan menekankan pada tahap-tahap pelaksanaan yang dikaitkan atas waktu, tempat/daerah, dan oleh siapa pelaksanaannya dilakukan.
4.      Anggaran Pemasaran, yaitu rincian langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bidang pemasaran dan pernyataan tujuan apa yang ingin dicapai yang dinyatakan dalam nilai uang (rupiah).
3.      PROSES PERENCANAAN PEMASARAN
Dalam pelaksanaan kegiatan perencanaan pemasaran perlu diikuti beberapa langka sebagai berikut:
1.      Analisis Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran
Dalam analisis ini dilakukan pengkajian mengenai perkembangan hasil penjualan dan ralisasi kegiatan yang dilakukan dalam bidang pemasaran. Analisis ini harus dapat memberikan kesimpulan tentang sebab-sebab naik atau turunnya hasil penjualan khususnya dan pemasaran umumnya
2.      Analisis Keunggulan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman Pemasaran Perusahaan.
Dalam analisis ini dilakukan pengkajian atas keadaan lingkungan pemasaran perusahaan terutama perkembangan ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan pemerintah. Sebagai contoh, pengaruh pertumbuhan ekonomi masyarakat terhadap kemungkinan potensi pasar. Demikian pula pengaruh perkembangan teknologi dapat merupakan ancaman pemasaran dari produk pemasaran.
Factor-faktor di dalam perusahaan dapat menimbulkan keunggulan dan kelemahan perusahaan itu di pasar. Sebagai contoh kemampuan sumber daya perusahaan, seperti sumber daya manusia dan dana yang di miliki perusahaan. Di samping sumber daya, yang lebih penting lagi adalah pengelolaan atau manajemen pemasaran.
3.      Penentuan Tujuan (objektif) Pemasaran
Dalam hal ini perusahaan harus mebetapkan tujuan (objektif) yang ingin dicapai dalam bidang pemasaran, apakah tingkat penjualan, atau tingkat share pasar ataupun tingkat laba yang diharapkan.

4.      Penetapan Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran yang ditetapkan didasarkan atas sasaran pasar (Target market) dan Tujuan (objektif) perusahaan. Strategi pemasaran yang ditetapkan mencakup strategi harga, produk, penyaluran, atau distribusi dan promosi.
5.      Penetapan Target Pemasaran
Berdasarkan pertimbangan hasil keempat langkah di atas, ditetapkanlah target pemasaran. Target pemasaran yang ditetapkan dapat dinyatakan dalam volume penjualan (unit) atau nilai penjualan (Rupiah) maupun dalam share pasar dan laba.
6.      Penyusunan Rencana Pemasaran
Setelah target pemasaran ditetapkan, langkah selanjutnya adalah penyusunan rencana pemasaran yang disusun menggambarkan kegiatan yang dilakukan dalam bidang pemasaran, seperti dapat dilihat pada lampiran, dalam rangka mencapai target pemasaran.
7.      Penyusunan Program Pemasaran
Berdasarkan Rencana Pemasaran di atas, disusun rincian kegiatan yang akan dilakukan yang dikaitkan atas waktu, tempat, dan oleh siapa dilaksanakan.
8.      Penyusunan Anggaran Pemasaran
Langkah terakhir dalam Perencanaan Pemasaran dalam penyusunan anggaran pemasaran. Anggran pemasaran yang disusun hendaklah didasarkan atas program pemasaran yang telah ditetapkan. Hal ini karena akan terjadi kebutuhan anggaran yang berbeda apabila waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pemasaran berbeda.



BAB III
PENUTUP
1.      KESIMPULAN
Rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu di masa yang akan datang.
Perencanaan pemasaran merupakan kegiatan merumuskan usaha-usaha yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang diharapkan di bidang pemasaran.
Macam-macam perencanaan pemasaran:
1.      Perencanaan Pasar yang Strategis (Strategic Market Planning).
2.      Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate Marketing Planning).
3.      Perencanaan Pemasaran yang Strategis (Strategic Marketing Planning).
4.      Perencanaan Pemasaran yang Operasional (Operational Marketing Planning).
Proses perencanaan pemasaran:
1.      Analisis Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran
2.      Analisis Keunggulan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman Pemasaran Perusahaan.
3.      Penentuan Tujuan (objektif) Pemasaran
4.      Penetapan Strategi Pemasaran
5.      Penetapan Target Pemasaran
6.      Penyusunan Rencana Pemasaran
7.      Penyusunan Program Pemasaran
8.      Penyusunan Anggaran Pemasaran
2.      SARAN
Setelah disusunnya makalah mengenai perencanaan pemasaran diharapkan dapat menambah wawasan pembaca khususnya dimata kuliah manajemen pemasaran II. Begitu juga alangkah baiknya apabila kita mencari sumber referensi lebih banyak dari berbagai sumber sehingga ilmu dan wawasan yang kita dapatkan semakin luas.




9.       
DAFTAR PUSTAKA

Buku : Manajemen Pemasaran / Prof. Dr. Sofjan Assuari, S.E., M.B.A
Ed. 1-11. - Jakarta: Rajawali Pers, 2011

1 komentar: