“PERENCANAAN PEMASARAN”

Dosen
Pembimbing:
Saifuddin
Zuhri, S.E, M.M
Di
Susun Oleh:
Ayu
Firdayanti
Devi
Melia Intan Sari
Fitri
Nur Hidayati
Tika
Fatjriyah
Tutut
Wulan Sari
UNIVERSITAS
ISLAM DARUL ‘ULUM LAMONGAN
(UNISDA)
FAKULTAS EKONOMI/MANAJEMEN A
Tahun 2015
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah swt yang telah senantiasa memberikan rahmat
dan nikmat yang tiada terkira bagi kami. Sehingga dengan nikmat dan rahmatNya
kami mampu untuk menyelesaikan makalah sebagai tugas kelompok dalam mata kuliah
“Manajemen Pemasaran II” yang di ampuh oleh bapak Saifuddin Zuhri, S.E, M.M.
Terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak Saifuddin Zuhri, S.E,
M.M. yang telah memberikan tugas tersebut sehingga kami menjadi semakin
mengerti tentang mata kuliah “Manajemen Pemasaran II”. Khususnya pada materi
”Perencanaan Pemasaran”.
Selanjutnya, terima kasih kepada teman-teman dari kelompok lain
yang telah berkenan mempelajari hasil dari tugas kami.
Sekian
dari kami semoga bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi semua orang umumnya.
Lamongan,
13 November 2015
Penulis
DAFTAR ISI
BAB
I
PENDAHULUAN
1. LATAR
BELAKANG
Rencana merupakan garisan tentang kegiatan yang akan dilakukan di masa akan
datang, rencana dirumuskan untuk menggambarkan apa yang ingin kita capai dan
bagaimana mencapai tujuan tersebut.
Banyak orang mengabaikan rencana dan selalu hanya dibuat dikepala atau
mengawang-awang, padahal dalam proses manajemen rencana merupakan awal kegiatan
yang mutlak ada agar kita dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen lainnya seperti
dalam hal : fungsi pengorganisasian, fungsi staffing, fungsi pengarahan, fungsi pengawasan.
Setiap aktifitas pemasaran sangat membutuhkan manajemen dengan baik dan
sebagai salah satu fungsi dalam manajemen, peranan perencanaan sangat
menentukan keberhasilan mekanisme kerja dalam setiap aktifitas pemasaran hasil
produksi perusahaan. Dalam proses/ fungsi manajemen dikenal perencanaan, fungsi
ini sangat penting sebagai langkah awal setiap pelaksanaan kegiatan.
Kita akan
mengetahui hal-hal yang perlu dikerjakan jika sebelumnya telah direncanakan
sebaik-baiknya, sebaliknya pekerjaan kita akan terhambat atau bahkan
terbengkalai jika tidak dipersiapkan sebelumnya. Begitu pula halnya dengan
pemasaran, perencanaan pemasaran adalah sebagai penentu penentu awal proses
pemasaran yang kemudian akan berlanjut pada efektifitasnya pemasaran hasil
produksi.
2. RUMUSAN MASALAH
1.
Apa pengertian dan peranan
perencanaan pemasaran?
2.
Apa saja macam-macam perencanaan
pemasaran?
3.
Bagaimana
proses perencanaan pemasaran?
3. TUJUAN
1.
Untuk
mengetahui pengertian dan peranan perencanaan pemasaran
2.
Untuk
mengetahui macam-macam perencanaan pemasaran
3.
Untuk
mengetahui proses perencanaan pemasaran
BAB
II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN DAN PERANAN PERENCANAAN PEMASARAN
Kegiatan pemasaran yang dilakukan setiap perusahaan
perlu dikoordinasikan dan diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan umumnya
dan tujuan bdang pemasaran khususnya. Alat koordinasi dan pengarahan kegiatan pemasaran tersebut
adalah rencana pemasaran. Yang
dimaksud dengan pemasaran dalam hal ini adalah kegiatan yang langsung berkaitan
dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen dalam rangka
memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat konsumen melalui pertukaran.
Sedangkan rencana pemasaran merupakan perumusan
usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber
daya yang ada dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu
di masa yang akan datang. Perencanaan pemasaran merupakan kegiatan merumuskan
usaha-usaha yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang
diharapkan di bidang pemasaran.
Perencanaan pemasaran suatu perusahaan dapat
memberikan manfaat bagi:
1.
Usaha
untuk mendorong cara berpikir jauh ke depan.
2.
Usaha
mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik.
3.
Usaha
mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standar
prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.
4.
Perumusan
tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat
dilakukan secara lebih mantap.
5.
Usaha
untuk menggairahkan partisipasi dan mempertebal rasa tanggung jawab para
pelaksana.
Dengan
demikian dapat dikatakan, perencanaan pemasaran bertujuan memberikan pendekatan
yang sistematik dan teratur bagi usaha:
a.
Menyeimbangkan
dan menyelaraskan kegiatan pemasaran yang dapat menjamin tercapainya tujuan dan
sasaran.
b.
Menggunakan
cara-cara berusaha di bidang pemasaran secara intensif dan optimal.
c.
Menjamin
keselarasan dan keserasian antara bagian yang terdapat dalam perusahaan dalam
usaha pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan.
d.
Pengendalian
yang cepat, tepat, dan teratur atas catatan, gagasan atau pemikiran dan
usaha-usaha atau kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
2. MACAM-MACAM
PERENCANAAN PEMASARAN
Dalam suatu perusahaan terdapat beberapa macam
perencanaan pemasaran, berupa:
1.
Perencanaan
Pasar yang Strategis (Strategic Market
Planning). Perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan (business planning), ke arah mana usaha
akan dikembangkan. Untuk melakukan perencanaan pasar yang strategis perlu
dikaji:
a.
Langganan
(customers) yang akan dilayani
b.
Pesaing
(competitiors) yang harus dihadapi.
c.
Trend
lingkungan (environmental trends)
yang ada, meliputi sosial ekonomi, politik, dan teknologi yang mempengaruhi
pasar yang diramalkan.
d.
Ciri
pasar yang ada untuk mengetahui perubahan yang terdapat dan interaksinya.
e.
Ciri
perusahaan (internal company
characteristions), bagi penilaian kemampuan sumber daya yang ada dalam
perusahaan.
2.
Perencanaan
Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate
Marketing Planning). Perencanaan ini merupakan perencanaan jangka panjang
yang bersifat menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan
program pokok di bidang pemasaran perusahaan, yang dilaksanakan untuk mencapai
tujuan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu. Dalam melakukan
perencanaan ini, dilaksanakan:
a.
Analisis sumber daya
dan lingkungan perusahan serta strategi acuan produk (product mix strategics).
b.
Analisis situasi yang
mencakup:
v
analisis pasar dan
segmentasinya
v
analisis pasar, dan
v
analisis produktivitas
dan rentabilitas.
c. Penetapan
strategi perusahaan dengan mempertimbangkan pasar dan produk, yang dapat
berupa:
v Strategi
Penetapan Pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.
v Strategi
Pengembangan Produk, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang lama.
v Strategi
Pengembangan Pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.
v Strategi
Diversifikasi, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang baru.
3. Perencanaan
Pemasaran yang Strategis (Strategic
Marketing Planning). Perencanaan ini berkaitan dengan usaha untuk
memasarkan produk perusahaan. Perencanaan ini mencakup strategi pemasaran yang
terpadu. Yang dimaksud dengan acuan pemasaran (marketing mix), yaitu strategi produk, strategi harga, strategi
distribusi, dan strategi promosi.
4. Perencanaan
Pemasaran yang Operasional (Operational
Marketing Planning). Perencanaan ini meupakan perencanan kegiatan
pelaksanaan kegiatan pelaksanaan di bidang pemasaran yang rinci atas
daerah/wilayah niaga, produk, dan waktu yang lebih pendek. Dalam perencanaan
ini akan dicakup:
a. Rencana
penjualan per daerah, per produk, per bulan.
b. Rencana
penyaluran atau distribusi.
c. Rencana
promosi per produksi, per daerah dan per bulan.
d. Rencana
pendidikan dan pengembangan tenaga penjulan
e. Rencana
penelitian dan pengembangan pasar.
f. Rencana
penelitan dan pengembangan pasar.
g. Rencana
kunjungan dan pembinaan langganan.
Untuk penyusunan rencana pemasaran yang
oprasional perlu didahului dengan analisis atas:
1. Kemampuan
masing-masing unit pelaksanaan pemasaran.
2. Target
penjualan per unit pelaksana pemasaran.
3. Situasi
dan kondisi pasar dari unit plaksana pemasaran tersebut, dan
4. Besarnya
dana anggran yang disediakan untuk unit perlaksanaan pemasaran tersebut.
5. Perencanaan
Pemasaran Produk Baru (Planning Of
Launching of New Product). Perencanaan ini merupakan perencanaan kegiatan
pelaksanaan memasarkan produk baru. dalam perencanaan ini tercakup sasaran
pasar yang dituju, kegiatan pengujian pasar (market
test), meramalkan potensi pasar dan mmemperkirakan target penjualan, serta
penetapan sumber daya yang dibutuhkan.
Didalam praktik, sering ditemui empat
macam bentuk hasil kegiatan perencanaan pemasaran. Keempat bentuk tersebut
adalah:
1. Target
Pemasaran, yaitu penetapan suatu ukuran tertentu sebagai sasaran yang akan
dicapai dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Target pemasaran
dapatberupa jumlah penjualan dalam unit atau rupiah, share pasar atau laba.
2. Rencana
Pemasaran, yaitu rumusan tentang apa yang ingim dicapai dan bagaimana cara
mencapainya, yang terdiri dari kegiatan yang akan dilakukan untuk pencapaian
tujuan di bidang pemasaran.
3. Program
Pemasaran, yaitu rumusan tentang rincian langkah kegiatan yang telah ditetapkan
dalam rencana pemasaran dengan menekankan pada tahap-tahap pelaksanaan yang
dikaitkan atas waktu, tempat/daerah, dan oleh siapa pelaksanaannya dilakukan.
4. Anggaran
Pemasaran, yaitu rincian langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bidang
pemasaran dan pernyataan tujuan apa yang ingin dicapai yang dinyatakan dalam
nilai uang (rupiah).
3.
PROSES
PERENCANAAN PEMASARAN
Dalam
pelaksanaan kegiatan perencanaan pemasaran perlu diikuti beberapa langka
sebagai berikut:
1. Analisis
Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran
Dalam analisis ini dilakukan pengkajian
mengenai perkembangan hasil penjualan dan ralisasi kegiatan yang dilakukan
dalam bidang pemasaran. Analisis ini harus dapat memberikan kesimpulan tentang
sebab-sebab naik atau turunnya hasil penjualan khususnya dan pemasaran umumnya
2. Analisis
Keunggulan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman Pemasaran Perusahaan.
Dalam analisis ini dilakukan pengkajian
atas keadaan lingkungan pemasaran perusahaan terutama perkembangan ekonomi,
sosial, budaya, teknologi, dan pemerintah. Sebagai contoh, pengaruh pertumbuhan
ekonomi masyarakat terhadap kemungkinan potensi pasar. Demikian pula pengaruh
perkembangan teknologi dapat merupakan ancaman pemasaran dari produk pemasaran.
Factor-faktor di dalam perusahaan dapat
menimbulkan keunggulan dan kelemahan perusahaan itu di pasar. Sebagai contoh
kemampuan sumber daya perusahaan, seperti sumber daya manusia dan dana yang di
miliki perusahaan. Di samping sumber daya, yang lebih penting lagi adalah
pengelolaan atau manajemen pemasaran.
3. Penentuan
Tujuan (objektif) Pemasaran
Dalam hal ini perusahaan harus
mebetapkan tujuan (objektif) yang ingin dicapai dalam bidang pemasaran, apakah
tingkat penjualan, atau tingkat share pasar ataupun tingkat laba yang
diharapkan.
4. Penetapan
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran yang ditetapkan
didasarkan atas sasaran pasar (Target market) dan Tujuan (objektif) perusahaan.
Strategi pemasaran yang ditetapkan mencakup strategi harga, produk, penyaluran,
atau distribusi dan promosi.
5. Penetapan
Target Pemasaran
Berdasarkan pertimbangan hasil keempat
langkah di atas, ditetapkanlah target pemasaran. Target pemasaran yang
ditetapkan dapat dinyatakan dalam volume penjualan (unit) atau nilai penjualan (Rupiah)
maupun dalam share pasar dan laba.
6. Penyusunan
Rencana Pemasaran
Setelah target pemasaran ditetapkan,
langkah selanjutnya adalah penyusunan rencana pemasaran yang disusun
menggambarkan kegiatan yang dilakukan dalam bidang pemasaran, seperti dapat dilihat
pada lampiran, dalam rangka mencapai target pemasaran.
7. Penyusunan
Program Pemasaran
Berdasarkan Rencana Pemasaran di atas,
disusun rincian kegiatan yang akan dilakukan yang dikaitkan atas waktu, tempat,
dan oleh siapa dilaksanakan.
8. Penyusunan
Anggaran Pemasaran
Langkah terakhir dalam Perencanaan
Pemasaran dalam penyusunan anggaran pemasaran. Anggran pemasaran yang disusun
hendaklah didasarkan atas program pemasaran yang telah ditetapkan. Hal ini
karena akan terjadi kebutuhan anggaran yang berbeda apabila waktu dan tempat
pelaksanaan kegiatan pemasaran berbeda.
BAB III
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Rencana pemasaran merupakan perumusan usaha yang
akan dilakukan dalam bidang pemasaran, dengan menggunakan sumber daya yang ada
dalam suatu perusahaan, guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu di masa yang
akan datang.
Perencanaan pemasaran merupakan kegiatan merumuskan
usaha-usaha yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang
diharapkan di bidang pemasaran.
Macam-macam perencanaan pemasaran:
1. Perencanaan Pasar yang Strategis (Strategic Market Planning).
2. Perencanaan Strategis Pemasaran
Perusahaan (Corporate Marketing
Planning).
3. Perencanaan
Pemasaran yang Strategis (Strategic
Marketing Planning).
4. Perencanaan
Pemasaran yang Operasional (Operational
Marketing Planning).
Proses
perencanaan pemasaran:
1. Analisis
Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran
2. Analisis
Keunggulan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman Pemasaran Perusahaan.
3. Penentuan
Tujuan (objektif) Pemasaran
4. Penetapan
Strategi Pemasaran
5. Penetapan
Target Pemasaran
6. Penyusunan
Rencana Pemasaran
7. Penyusunan
Program Pemasaran
8. Penyusunan
Anggaran Pemasaran
2.
SARAN
Setelah
disusunnya makalah mengenai perencanaan pemasaran diharapkan dapat menambah
wawasan pembaca khususnya dimata kuliah manajemen pemasaran II. Begitu juga
alangkah baiknya apabila kita mencari sumber referensi lebih banyak dari
berbagai sumber sehingga ilmu dan wawasan yang kita dapatkan semakin luas.
9.
DAFTAR PUSTAKA
Buku : Manajemen
Pemasaran / Prof. Dr. Sofjan Assuari, S.E., M.B.A
Ed. 1-11. -
Jakarta: Rajawali Pers, 2011
thenks makasih mungkin makalah nya sangat membantu...
BalasHapus